SALAM PRAMUKA !!!

 

Survival Scout Camp!! Strong soul!!

 

Survival Scout Camp!! We can!!

 

 

Halo para fighter! Masih ingat nggak sama kata-kata yang ada diatas? Yap, itu adalah kata-kata yang kita gunakan untuk perkemahan beberapa minggu lalu.

 

Perkemahan bagi anak kelas 7, berlangsung pada tanggal 10-11 Mei 2017 . Sedangkan anak kelas 8, berlangsung pada tanggal 11-12 Mei 2017. Kalian pasti masih ingat kan, kemahnya dimana. Yaitu di OBIS CAMP Trawas Mojosari.

 

Kita berangkat dari madrasah pada pukul 08.00, dan sampai di lokasi pada pukul 10.00 . Kita berangkat dengan menggunakan truk TNI. Ketika kita keluar dari truk, udara yang sejuk dan pepohonan yang rindang menyapa kita semua. Lalu, kita diberi instruksi untuk menempati lapangan yang sudah disediakan. Disana, kami nggak langsung apel, melainkan main game dulu. Serunya dari permainan game ini adalah, kita harus konsentrasi. kalau nggak, bakalan dihukum. Tapi hukumannya juga seru, lho.. .

 

Pada pukul, kira-kira jam 11-an, kita Apel pembukaan. Setelah apel, kita disuruh membuat lingkaran kecil per regunya. Eits, kali ini bukan buat main game, tapi buat memeriksa barang bawaannya, sudah lengkap atau belum. Disini, kami juga diajarkan kesederhanaan, dan kebersamaan. Kenapa? Karena, untuk peserta kemah yang membawa jajan yang harganya diatas 5000, bakalan disita. Terus kalau disita, jajannya dibuat siapa? Ya dibuat temen se-barak dan hadiah untuk regu yang kompak. Setelah itu kita pembagian barak (seperti kamar), dilanjutkan dengan menata barang bawaan di barak dengan rapi. Lalu, kita melaksanakan ISHOMA (istirahat, sholat, dan makan).

 

Setelah itu kita berkumpul di lapangan untuk kegiatan selanjutnya. Yaitu membuat 2 miniature pioneering Menara pandang. Disini kami dilatih untuk saling membantu supaya cepat selesai. Untuk membuat pioneering, kami diberi waktu 2 jam. Setelah itu kita sholat ashar.

 

Setelah sholat ashar, kita diminta untuk ganti baju olahraga, karena ada kegiatan yang paling temen-temen tunggu yaitu, karate. Setelah berganti baju, kita dibwa ke lapangan dan latihan karate. Sumpah, itu seru abis, meskipun perut pada kaku karena sit-up, wkw. Tapi sekali lagi, itu beneran seru. Setelah latihan karate sekitar 1-2 jam, kita diminta para pembina untuk berganti baju pramuka lagi. Ada waktu sekitar 30-60 menit untuk ganti baju. Karena waktu yang sangat sempit, kami tidak sempat mandi. Mungkin, ada beberapa yang mandi.

 

Disana, kami juga tak lupa beribadah, lho guys. Waktu maghrib pun tiba, disana kami sholat magrib, dan dilanjutkan dengan istighosah. Kenapa? Karena, malam nisyfu sya’ban. Kami membaca surat yasin, dan surat pendek lainnya. Lalu, kita sholat isya’. Bukan hanya istighosah aja, kami juga mendengarkan kultum tentang bulan Ramadhan dari kakak dega.

 

 Setelah itu, kita ada materi tentang peta pita yang dibawakan oleh kakak dega. Peta pita adalah gambaran keadaan wilayah yang dilewati dalam suatu perjalanan yang digambar di gulungan kertas. Peta pita inilah yang nantinya akan kita buat pada saat jelajah.

 

Kegiatan selanjutnya adalah, upacara api unggun dan pensi. Acara inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta kemah. Setiap kelas (bukan setiap regu), wajib menampilkan 1 penampilan. Contohnya, puisi, menyanyi, menari, dan masih banyak lagi. Penampilan yang paling seru adalah puisi butut. Pensi berlangsung selama 2-3 jam. Setelah itu kita kembali ke barak masing-masing dan tidur.

 

Pukul 5 pagi , kami bangun dan melaksanakan sholat subuh berjamaah. Setelah sholat, kami diminta untuk ganti baju olahraga lagi, karena kita akan senam bersama sebelum melaksanakan jelajah pagi. Jam 6 pagi, kami senam bareng.

 

Dilanjutkan dengan kegiatan yang paling favorit  -temen, yaitu jelajah. Eits, sebelum berangkat jelajah, kami disuruh menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kakak pembina. Siapa yang jawabannya betul, mereka bakal berangkat duluan. Tapi, kita nggak langsung berangkat, melainkan wajah kita dilukis dulu pake sesuatu yang berwarna hitam. Setelah itu kita berangkat.

 

Pada saat jelajah, kami melewati air terjun, dan bukit. Seru banget pokoknya. Kami juga melewati sungai yang arusnya, lumayan deras. Saking derasnya, barang-barang kami, seperti botol minum dan kolong hasduk hilang. Disana kami juga disuruh berenang. Tapi bukan berenang gaya bebas ataupun gaya kupu-kupu, melainkan kita harus berenang seperti seekor ikan.

 

Di akhir jelajah, kami harus memainkan beberapa game. Game seru-seru banget, lho. Karena disinilah kita dapat menampilkan kerja sama kita. Setelah main game, kita ganti baju pramuka, lalu makan.

 

Sekitar pukul 11.30, kami melakukan sholat jumat. Biasanya yang sholat jumat kan laki-laki, sekarang laki-laki dan perempuan ikut juga. Setelah sholat jumat, kami mulai pembagian hadiah. Regu siapa yang peling banyak mengumpulkan point, maka regu itu akan mendapatkan hadiah berupa jajan yang banyak. Nggak lama, truk kita datang. Kami diperintahkan untuk mengambil barang-barang kita yang ada di barak , dan langsung menuju truk dan pulang.

 

Oke guys, itu tadi adalah liputan saat persami. Semoga kalian terhibur ya.. Daah :)

 

 

 

Liputan Mauldey

 

 

 

Jumlah Pengunjung

0025944
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
116
237
934
947
4253
10909
25944

Forecast Today
192

10.57%
63.42%
9.72%
0.67%
0.20%
15.42%
Online (15 minutes ago):18
18 guests
no members

Your IP:54.166.141.12

I`m Here (Share and Enjoy)