Assalammu’alaikum sobat pena prestasi, berjumpa lagi nih di majalah tercinta kita edisi ke-9. Semoga majalah kita terus menampilkan karya-karya yang terbaik, Aamiin. Di zaman modern ini siapa sih yang nggak tau selfie? Pasti tau kan. Sekarang ini selfie memang jadi tren. Pokoknya kalo nggak selfie, rasanya nggak gaul deh. Tapi tau nggak sih kalian apa hukum selfie dalam Islam dan dampaknya? Langsung aja yuk dengerin penjelasan kita...

 

Hukum selfie dalam pandangan Islam

 

Selfie adalah salah satu teknik berfoto yang mengambil gambar dengan dirinya sendiri, baik dengan tangannya sendiri ataupun alat, bukan difoto atau diambil orang lain. Dan sebenarnya hukum asal di dalam Islam, berfoto hukum asalnya adalah boleh, termasuk selfie. Selfie itu kebanyakan berujung pada TAKABBUR, RIYA, dan juga UJUB. Bila kita berfoto selfie dan takjub dengan hasilnya, bahkan mencari-cari pose terbaik, lalu mengagumi hasilnya, mengagumi diri sendiri, maka itu termasuk UJUB.

 

Jika kita berfoto selfie lalu mengunggahnya di medsos,dan berharap di komen, di like atau apalah, kita merasa senang karena mendapatkan apresiasi, lalu berselfie lagi dengan alasan ingin mengunggahnya sehingga menjadi seperti seleb, maka itu termasuk RIYA. Dan jika kita berfoto selfie, lalu membandingkannya dengan orang lain, kita merasa lebih baik dan merasa lebih hebat darinya, maka jatuhlah kita pada sikap yang paling buruk yaitu TAKABBUR.

 

Dampak positif dan negatif dari selfie

 

Ø  Dampak positif

 

1.       Bikin happy

 

2.       Bikin orang lain terhibur

 

3.       Bikin rasa percaya diri meningkat

 

Ø  Dampak negatif

 

1.       Mengganggu orang lain

 

2.       Mengundang tindak kejahatan

 

3.       Memengaruhi orang lain

 

Nah sobat, itu tadi adalah penjelasan kita tentang selfie. Intinya berfoto selfie itu boleh-boleh aja kok, tapi kita juga tidak boleh berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dan tidak disukai juga oleh Allah swt.

 

Segitu aja ya informasi dari kita sobat, semoga bermanfaat bagi kalian yaa, Salam redaksi ^.^   (Widya & Felisia)

 

Jumlah Pengunjung

0010181
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
23
127
150
2564
9341
0
10181

Forecast Today
192

3.10%
70.04%
15.22%
0.84%
0.02%
10.77%
Online (15 minutes ago):21
21 guests
no members

Your IP:54.161.45.156

I`m Here (Share and Enjoy)