Haii pembaca setia pena prestasi. Ketemu lagi nih di edisi kesembilan. Kalian inget gak? Beberapa bulan yang lalu, kakak kelas kita, kelas IX melakukan TOUR AND EDUCATION di Bali. Buat kalian semua yang enggak ikutan ke sana, apa salahnya untuk ikut ngerasain bahagia dengan membaca sepenggal cerita ini. Jangan sampek ketinggalan sekata pun okey ! CHECK THIS OUT.

Yaps. Pertama tama sebelum aku bercerita aku ucapkan syukur kepada pemilik semesta dan isinya, Allah SWT. Karena tanpa rahmat Allah SWT bisa saja aku dan teman teman tidak balik ke Surabaya. Udah kayak pidato aja nih, oke langsung aja.

1.       PEMBERANGKATAN

Kita berangkat darii madrasah tercinta sekitar jam setengah 2 an, atau lebih tepatnya setelah jmaah sholat jumat. Ya suasana hati pada saat itu udah gak karuan pengen cepet cepet nyampek sana. Kalau hati bisa bicara mungkin dia bilang “ cepetan dong woy! Capek nih. Kapan nyampeknya? “ kayak gitu. Haha. Setelah berdoa, rombongan kita akhirnya berangkat. Berjam jam kita lewati akhirnya udah sampek daerah banyuwangi. Parah! Rasanya itu pegel. Karena yang kita lakuin dalam bis itu kalau gak makan, tidur, bercanda. Gitu mulu. BOSEN PARAH! Tapi selama perjalanan hingga pelabuhan kita sempet ke rumah makan, untuk makan pastinya dan untuk sholat. Lanjut deh. Habis lewat lampu lampu paiton tuh, kita nyampek di pelabuhan. Kira kira pukul 12 malam kita diatas air laut, dan sampek kira kira pukul 01.30 waktu Bali. HMM! Alhamdulillah. #Day1

2.       TANAH LOT

Setelah berjam jam kita mengadu ban dengan aspal akhirnya subuh subuh kita sampek di Tanah Lot. Kayak nya lebih tepatnya fajar sudah tidak sabar untuk terbit. Nah, karena udah ada sedikit fajar, buru buru tuh yang namanya antri untuk sholat dan lanjut untuk mandi. Karena udah pada mandi semua, kita lanjut untuk jalan dari lokasi parker bis ke daerah Tanah Lot-nya. Lumayan jauh sih, tapi karena bareng bareng jadi nggak kerasa. Udah sampek dilokasi Tanah Lot, pastinya dibuka dengan yng namanya pura. Namun, sempat aku masuk ke sebuah kayak lorong goa, tapi gak goa goa banget sih, disitu ada yang namanya ular suci. Kalua dilihat sih itu ularnya panjang, tapi gak seberapa panjang. Terus bagian ekornya dia ngga lonjong, malah pipi, dan warna nya itu hitam putih. Sempet sih aku nanya ke bapak bapak penjaga ular tersebut. Jadi ternyata, ada seluk beluknya. Berdasarkan dongengan bapak tersebut yang dapat saya terima sih dia bilang kalau pada zaman dahulu ( ea ) ada seorang yang ingin bertapa ( beertapa itu I’tikaf kalau di islam ) namun, setiap dia bertapa, dia selalu diganggu oleh masyarakat sekitar. Akhirnya sabuk ( iat pinggang ) orang tersebut berubah menjadi ular. Dan ular suci yang aku lihat sekaligus pegang tersebut merupakan keturunan dari ular yang asal mulanya dari sabuk tersebut. Begitu kira kira ceritanya. Setelah waktu di Tanah Lot habis, makan deh. Langsung lanjut ke lokasi berikutnya.

#Day2

1.       PUJA MANDALA ( Pusat peribadatan agama )

Nah, dari Tanah Lot, berhubung posisi sudah waktunya sholat. Jadi kita sholat di Puja Mandala. Yang bikin unik di Puja Mandala ini enggak hanya ada masjid doang tetapi juga ada gereja, pura dan lain lain. Setelah selesai sholat. Lanjut deh ke Lokasi berikutnya.

2.       TANJUNG BENOA

Lokasi berikutnya adalah Tanjung Benoa. Jadi, aku dan teman teman yang berkenan untuk menyebrang ke pulau penyu untuk melihat berbagai ukuran penyu. Sebenernya banyak mitos yang telah di ceritakan oleh bli ( kakak laki laki atau Mas dalam Bahasa jawa ) tentang Pulau Penyu. Seperti mitos tentang seorang pasangan yang berdua di Tanah Lot akan pisah atau istilah kalian sih Putus, wkwk. Nah biar nggak putus, mitosnya itu pasangan tersebut harus memegang kepala penyu paling besar. Tapi, itu hanya Mitos. Percaya atau tidak ya terserah. Kalau aku sih engga, wkwk. Dalam perjalanan menuju pulau penyu kita harus naik yang namanya perahu boat. Perahu yang melaju dengan kecepatan tinggi. Jadi ada hasrat baju basah basah kena cipratan air gitu sih. Di tengah tengah kita bisa lihat keindahan alam biota laut. Selain itu bisa lihat pengunjung lain yang lagi main Banana boat, atau permainan air lainnya. Seru deh !

3.       PANTAI KUTA

Dedikasi wisata selanjutnya setelah makan adalah Pantai Kuta. Menurut para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri emang biasanya Pantai Kuta menjadi tujuan favorit. Enggak favorit juga sih, tapi lokasi yang pasti dikunjungin. Emang sih keindahan pantainya nggak diragukan lagi. Tapi, ketika kita di Pantai Kuta, kita enggak hanya keliling dan foto. Tapi kita juga mendapat tugas untuk berinteraksi langsung dengan beberapa turis mancanegara yang ada di Pantai Kuta ( pembahasan tentang pengalaman interaksi dengan wisatawan manca negara bisa kalian baca di Artikel berjudul (….) ). Namun, sayangnya kita enggak bisa lama lama karena tuan awan yang mulai bernafas kencang dengan menangis membasahi pantai. Singkatnya sih, hujan dan angin. Hehe. Karena tugas udah selesai jadi kita langsung menuju ke mobil yang akan membawa kita ke posisi awal tadi. Sambal nunggu temen temen yang belum nyampek sih kita berkeliling di dalam Hawai, iya hawai, Toko hawai maksudnya hehe. Ternyata! Ada rombongan yang nunggu mobil jemputan sampek kehujanan L umm, you aren’t lucky guys. HEHE. Sabar ya! Karena temen temen ada yang kehujanan, antri kamar mandi deh. Karena enggak mungkin perjalanan ke hotel ditemani baju basah yang agak dingin gitu. Setelah selesai mandi, kita makan. Dan menuju ke hotel. Nah, banyak cerita seru nih di lokasi hotelnya. Tapi kayaknya enggak perlu di ceritain pasti kalian sudah tau, karena ceritanya ya pasti tentang …, HEHE !1!1!.

4.       BARONG

Kayaknya fajar belum mengintip penduduk pribumi. Kamar kita udah ngecek keluar kamar buat memastikan semua udah bangun. LHAR!. Tapi aneh. Kita semua udah siap tapi diluar masih sepi. Lihat jam kok.. ternyata masih jam 4 pagi (‘: hmm, mungkin kita yang terlalu semangat untuk siap pagi pagi. Setelah lama kita menunggu akhirnya sarapan juga,hehe. Setelah sarapan, sebenernya tujuan wisata kita adalah ke Pantai Sanur untuk melihat SUNRISE. Matahari terbit sih, jadi biar kesannya lebih keren, sebut aja sunrise. Hoho. Namun eh namun, kita gagal ke sanur karena ada acara agama lain disitu. Jadi kita langsung ke pertunjukan barong. Seru ceritanya. Peraga nya juga totalitas. MEMUASKAN.

5.       CENING BAGUS, SUKOWATI, JOGER.

SIAP SIAP ! siap siap dompet kering sih. Buat yang suka belanja  mungkin sesi ini emang favorit. Karena pasti isinyab Cuma belanja, belannja dan belanja. Doang. Yang makin bikin greget sih di sukowati dan jogger karena emang di sukowati  harus pake trik mak mak biar harga nya murah alias nego. Dan kalau di jogger, untuk antri kasir aja habisin waktu sejam sendiri. Hm, ya gitu.

6.       BEDUGUL DAN PERJALANAN PULANG

Lokasi terakhir adalah bedugul. Iya jadi bentuknya danau dan begitu. Dingin banget dan disana lebih kebanyakan foto foto. Dan yang paling greget itu disana rombongan bis saya itu paling telat karena paling telat antri jogger. Ya gapapa lah ya. Dan it’s time to go home. Bentar banget kerasanya. Perasaan baru aja nyampek, udah pulang aja. Perjalanan pulang ini lebih kerasa bentar banget Karen akita lewat jalan yang berbeda dengan jalan pada awal kita berangkat. Ya memang sih sama aja akhirnya ke pelabuhan. Tapi beda. Intinya beda. Beda pokoknya. Hmmm. Perjalanan sama aja kerasa lama karena udah capek. Sempet sih ke rest area untuk makan dan sholat, tapi tetep pegel. Berjam jam kemudian akhirnya kita sampek. Barakallah.

Ya mungkin itu aja sih yang dapat aku ceritakan karena emang perjalanan aku dan temen temen disitu hehe. Tapi, semoga kalian suka dan bermanfaat. Siapa tau kalian juga diberi kesempatan dari Allah SWT untuk ke Pulau Dewata juga setidaknya kalian sudah tau dari cerita ini. Sampai ketemu di edisi berikutnya ya! Salam redaksi ( irbah )

Jumlah Pengunjung

6 guests
no members

Your IP:54.166.141.12

I`m Here (Share and Enjoy)