LDKS 2K18-2K19: Rencanakan Kerjamu, Kerjakan Rencanamu – Rahmadinata 8E

 

Assalamualaikum wr. wb, halo sahabat pena prestasi!!

Jika kalian masih ingat beberapa bulan lalu ldks diselenggarakan lagi loh temen-temen, lebih tepatnya pada tanggal 26-28 September di Tretes, Prigen. LDKS tahun ini berjudul RENCANAKAN KERJAMU, KERJAKAN RENCANAMU. Para peserta yang ikut LDKS termasuk orang beruntung, kenapa? Karena ratusan siswa di MTsN 2 yang tidak bisa ikut karena tidak dipilih. Maka dari itu para peserta LDKS pun tidak main-main disana, mereka ikut LDKS untuk dilatih untuk bisa jadi pemimpin yang baik dikemudian hari. Setelah selesai pelatihan mereka bisa diharapkan membawa pengajaran dari LDKS dan bisa diterapkan di sekolah dan juga bisa sebagai contoh bagi teman-temannya.

Hari pertama, para peserta berkumpul di sekolah untuk absensi dan berangkaat bersama menuju Tretes. Setelah absensi para peserta pun berangkat bersama menggunakan truk tentara, di saat perjalanan mereka canda tawa terlebih dahulu sebelum mereka dilatih dan jarang bercanda, jadi mereka di perjalanan bercanda sesuka mereka.

Sesampainya di tretes para peserta disuruh menuggu temannya yang lain karena ada truk yang tertinggal entah ada kendala apa. Setelah berkumpul semua para peserta berangkat per kelompok, kami disuruh jalan untuk ke penginapan dan jalannya itu naik. Jadi disaat jalan ada temannya keberatan membawa barang bawaannya dan bahkan ada yang barangnya itu jatuh, disitu ada temannya yang peduli dengan membantu membawa barang bawaanya dan ada

yang tidak peduli dengan mengabaikanya dan melajutkan jalannya menuju ke penginapan. Setelah jalan dan tiba di peginapan para peserta pun langsung ke lapangan untuk melakukan upacara pembukaan, petugas dari upacara pembukaan tersebut adalah para peserta yang mengajukan sebagai petugas. Setelah upacara pembukaan, para peserta diberitahu tempat untuk istirahat mereka dan juga diberitahu peraturan yang ada disana. Setelah diberitahu para peserta langsung ke tempat basecamp untuk istirahat sejenak dan untuk mengatur basecamp mereka masing-masing. Disaat para peserta istirahat dan menata ada suara peluit ditanda untuk mereka keluar di depan pintu untuk menyanyi lalu para peserta juga disuruh untuk tiarap dan juga meyanyi lalu setelah mereka selesai menyanyi mereka melajutkan isitrahat dan menata basecamp mereka.

Setelah diberi waktu istirahat dan menata basecamp para peserta langsung pergi ke aula untuk melakukan materi yang disampaikan oleh Pak Saefuddin berjudul DINAMIKA KELOMPOK, Jika kalian tidak tahu Dinamika Kelompok itu merupakan sesuatu kelompok yang memiliki hubungan psikologis secara jelas antara anggota satu dengan yang lain yang dapat berlangsung dalam situasi yang dialami secara bersama. Setelah materi yamg disampaikan para peserta kembali ke kamar untuk mengamil peralatan sholat untuk melakukan sholat dhuhur berjama’ah peralatan yang laki-laki yaitu al-qur’an untuk membaca ayat suci al-qur’an sehabis sholat dan peci. tetapi peci ini ada juga yang tidak memakainya, dan yang perempuan mengambil mukenah dan al-qur’an juga.

Sehabis sholat berjama’ah dan membaca al- qur’an bersama, semua peserta kembali ke kamar untuk mengambil peralatan makan yaitu seperti piring, gelas, dan sendok plastik, setelah sudah membawa peralatan makan mereka berlari ke sebebuah ruang untuk mengambil makanan dan minumannya. Setelah mengambil makanan mereka disuruh untuk ke lapangan untuk makan tetapi setelah duduk tidak boleh makan dulu menunggu semua temannya berkumpul dahulu lalu boleh makan tetapi sebelum makan salah satu peserta yang ditunjuk harus maju untuk membaca do’a sebelum makan. Saat mereka makan, peraturan makan pun diberitahu oleh kak musafa yaitu kalo makan sendok yang menghapiri bukan kepala yang menghampiri, lalu makanan tidak boleh jatuh kalo jatuh harus makan dengan keadaan seperti itu, dan kalo sudah selesai sendok dan gelas dibalik di piring. Disaat makan ada satu anggotanya yang tidak habis makannya jadi, satu kelompoknya membantu untuk menghabiskan makanannya. Sehabis makan peserta yang ditunjuk maju untuk memimpin do’a selesai makan. Setelah membaca do’a setelah makan mereka diberi waktu untuk mencuci piring, gelas, dan sendok, Disaat mencuci peralatan untuk makan ada yang menggunakan sabun cuci piring supaya wangi dan juga ada yang tidak memakai sabun cuci piring cuma pakai air sehingga masih bau makanannya.

Setelah itu ada materi yang disampaikan oleh Pak Hasul yang berjudul KEORGANISASIAN, jadi inti dari materi ini adalah tentang organisasi yang ada disekitar kita. Sehabis materi mereka tidak sadar bahwa materi disampaikan memakan watu dua jam, lalu habis itu kami kembali untuk mengambil peralatan sholat untuk sholat ashar berjama’ah dan peralatan ngaji untuk mengaji bersama. Setelah sholat ashar dan mengaji mereka langsung mengembalikan peralatan sholat dan mengaji, lalu mereka diberi istirahat untuk bersih diri dan ganti baju menggunakan baju bebas.Setelah bersih diri dan ganti baju, mereka semua berlari ke aula membawa peralatan sholat untuk sholat maghrib berjama’a dan mengaji bersama. Setelah sholat dan mengaji bersama, mereka ke tempat istirahat untuk menaruh peralatan sholat dan mengaji. Setelah itu mereka kembali untuk mengembalikan peralatan sholat dan mengaji lalu mereka langsung pergi ke lapangan untuk makan malam sambil membawa peralatan makan (semua sama seperti biasanya). Setelah makan mereka mencuci peralatan makan, lalu mengembalikan peralatan makan setelah itu langsung pergi aula kembali untuk presentasi program kerja yang sudah dikerjakan sebelum LDKS dilaksanakan. Sehabis presentasi mereka kembali ke tempat istirahat untuk tidur untuk mengisi energi untuk besok.

Hari ke dua, diawali dengan sholat subuh berjama’ah dan mengaji bersama. Setelah itu mereka mengembalikan peralatan sholat dan ngaji, lalu mereka langsung pergi ke lapangan untuk senam pagi di pimpin oleh Kak Husni dan peserta LDKS yang hafal gerakan senam. Setelah senam pagi mereka mengambil peralatan sholat untuk melakukan sholat dhuha berjama’ah, lalu mereka pergi ke aula untuk sholat dhuha berjama’ah dan membaca surat waqiah. Setelah itu ada salah satu peserta LDKS yang sedang ulang tahun yaitu namanya chika disaat sudah sholat dhuha mereka terkejut dengan perayaan ulang tahun yang dirayakan oleh Kak Musafa, jadi saat chika ulang tahun Kak Musafa dan teman- temannya menyuapi chika dengan makanan yang sudah disediakan yaitu nasi goreng dengan tempe, Tetapi saat sudah disuapi oleh Kak Musafa dan temannya ada salah satu peserta yang ikut menyuapinya yaitu renald disaat renald menyuapinya semuanya mengatakan “cieeee”. Setelah pereayaan itu mereka kembali untuk mengambil peralatan makan untuk melakukan sarapan, lalu setelah itu mereka langsung pergi ke lapangan untuk sarapan (semua sama seperti biasanya). Setelah sarapan mereka langsung mencuci peralatan makan, lalu mengembalikan peralatan mereka. Setelah itu mereka langsung pergi ke aula untuk melakukan materi yang berjudul KEPEMIMPINAN yang dijelasakan oleh Kak Dani, jadi maksud dari materi kepemimpinan ini adalah tentang bagaimana cara menjadi pemimpin. Setelah meteri kepemimpinan ganti lah materi kepemimpinan menjadi materi PENYUSUNAN PROPOSAL DAN LPJ yang akan dijelaskan oleh Mam Agustin, jadi di materi ini kita diberi pengajaran tentang menyusun proposal dan LPJ dan setelah dijelaskan Mam Agustin mereka disuruh menyusun proposal dan LPJ lalu dipresentasikan. Setelah meteri menyusun proposal dan LPJ berganti lagi menjadi materi MENEJEMEN KONFLIK yang akan dijelaskan oleh Pak Zainul, jadi dimateri ini kita diberi materi tentang konflik-konflik yang telah terjadi disekitar kita.

Setelah diberi materi yang sangat banyak mereka kembali untuk mengambil peralatan sholat dan mengaji untuk melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah lalu mengaji bersama. Setelah mereka sholat dan mengaji mereka kembali untuk mengembalikan peralatan sholaat dan mengaji, lalu setelah mengembalikan peralatan sholat dan mengaji mereka langsung pergi ke lapangan dengan membawa peralatan makan untuk melakukan makan siang (semua sama sepeti biasa). Setelah makan siang mereka langsung mencuci peralatan makan mereka sendiri-sendiri. Setelah mencuci piring mereka langsung ke aula untuk mengikuti materi BE CONFIDENCE (Percaya Diri), jadi penjelasan ini tentang kepercayaan diri yaitu dengan perumpamaan katak kecil yang mengikuti lomba yang menaiki tower yang sangat tinggi tapi dipandang rendah oleh semua orang tapi dia tidak merasa tidak percaya diri malah dia tidak menghiraukan mereka jadi dia tetap lomba dengan serius dan saat ditower banyak yang jatuh tetapi dia tetap berusaha untuk memenangkan lombanya, alhasil katak kecil itu pun yang memenangkan perlombaan. Jadi makna yang terkandung kita tidak bleh minder atau semacamnya kita harus percaya diri bahwa kita bisa. Setelah selesai memberikan materi, yang selanjutnya yaitu ice breaking dimana kita sedang dihibur dengan lelucon dari Kak Dadang. Setelah diberi lelucon, para peserta diberi waktu untuk melatih kelompok mereka untuk pentas seni nanti. Setelah berlatih mereka kembali untuk bersih diri, lalu setelah mereka bersih diri mereka langsung pergi ke aula dengan membawa peralatan sholat dan mengaji untuk sholat maghrib berjama’ah dan mengaji bersama. Setelah sholat maghrib berjama’ah dan mengaji bersama, mereka diberi jajan dari ulang tahun chika dari ibunya langsung menghampiri ke Tretes. Disaat mereka makan jajan juga menuggu sholat isya berkumandang. Setelah makan tepat adzan isya berkumandang, jadi mereka ada yang wudhu lagi dan ada yang tidak wudhu, lalu mereka melaksanakan ibadah sholat isya berjama’ah dan mengaji bersama.

Setelah mereka sholat dan mengaji, mereka kembali untuk mengembalikan peralatan sholat dan mengaji. Lalu mereka kembali untuk mengembalikan peralatan sholat dan mengaji, lalu pergi ke depan tempat istirahat guru dengan membawa peralatan makan untuk makan malam. Setelah makan malam mereka ke lapangan untuk menyaksikan api unggun dan pentas seni, di pentas seni ada: holic, menanyi, stand up komedi, dls. Setelah api unggun dan pentas seni terjadilah dimana air mata dari semua peserta menetes karena cerita yang diberikan oleh Kak Musafa dan teman-temannya, lalu mereka per kelompok yang dipilih oleh Kak Musafa pergi ke aula untuk melakukan ikrar janji. Disaat ikrar janji mereka semua banyak yang merintihkan air mata dan bersemangat mengatakan ikrar janji dengan menangis. Setelah ikrar janji mereka berpeluk menyambung untuk menyanyikan lagu yang sangat mendalami dan ada yang berpeluk dengan temannya untuk saling berjanji dan juga ada yang meminta maaf. Setelah ikrar janji dan dan menyanyi mereka semua berjabat tangan dengan Kak Musafa dan teman-temannya, lalu para peserta kembali ke tempat istirahat untuk mengisi energi saat jelajah alam besok.

Hari ke tiga, dimana saat-saat menyenangkan menanti para peserta. Dihari ketiga ini yang paling awal bangun yaitu para peserta lelaki, karena mereka juga bersih diri dan bersiap-siap untuk nanti. Setelah itu semua bangun tepat saat sholat shubuh, jadi mereka ke aula dengan membawa peralatan sholat dan mengaji untuk melaksanakan ibadah sholat shubuh berjama’ah dan mengaji bersama. Setelah sholat shubuh dan mengaji, mereka mengembalikan peralatan sholat lalu mereka langsung pergi ke lapangan untuk senam pagi yang dipimpin oleh Kak Husni dan para peserta yang hafal senam, mengajukan diri untuk memimpin senam. Setelah senam pagi mereka langsung mengambil peralatan makan untuk melakukan sarapan pagi, agar disaat jelajah alam mereka tidak lemas. Setelah sarapan mereka melakukan game terdahulu sebelum penjelajahan alam, sebelum melakukan game mereka diberi pengarahan oleh kak musafa tentang game, bahwa digame ini ada beberapa tahap game yang harus dimainkan dan itu harus semua. Kelompok diberi lawan kelompok lain untuk mendapatkan bola sebanyak-banyaknya, jadi salah satu kelompok yang menang kelompok itu yang mendapatkan bola. Didalam game tersebut ada: buldozer, pipa bolong diisi air, mengumpulkan tepung dari depan ke belakang dengan cara estafet, meletuskan balon, mengambil bola dengan tutup mata, dls.

Disaat semua bermain Kak Musafa berkeliling untuk memberi noda kepada semua para peserta. Setelah bermain semua game mereka berkumpul di depan ruang guru untuk diberi pengarahan oleh Kak Musafa untuk apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan dan juga arah perjalanan. Setelah diberi pengarahan oleh Kak Musafa mereka mulai menuju air terjun tapi sebelum berangkat mereka semua berfoto lalu berangkat, di perjalanan diawali dengan kebun kopi yang sangat banyak, lalu dipertengahan mereka berhenti untuk adu mulut tapi dengan cara menyenangkan. Setelah selesai mereka melanjutkan perjalanan, lalu diperjalanan bertemu dengan Bu Ani Liza dengan Pak Choirul, disana kami disuruh untuk menyanyi dan ditanya-tanya per kelompok. Lalu kelompok yang sudah selesai disuruh menyanyi dan ditanya mereka melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun, disaat perjalanan jalannya sangat licin jadi, semua orang berjalan dengan hati-hati. Setelah sesampainya di air terjun mereka menaruh barang-barang seperti: sepatu, name tag, uang, dls. Satelah menaruh barangnya mereka langsung njebur ke kolam air terjunnya, airnya sangat dingin disana ada yang tidak tahan jadi dia langsung naik tidak lama di kolam. Disaat para peserta lagi asik Kak Musafa manggil semua laki-laki untuk berfoto besama, lalu sehabis laki-laki para perempuan pun dipanggil untuk berfoto bersama, lalu sehabis perempuan semua peserta disuruh berkumpul semua untuk foto. Setelah berfoto mereka melanjutkan kesenangan mereka, lalu Kak Musafa minta perhatian untuk mendengarkan Pak Syaifuddin untuk bersyukurnya kepada allah karena rezeki yang diberikan olehnya. Setelah bersyukur semua kembali ke penginapan dengan jalur yang sangat cepat sampai di penginapan.

Sesampainya di Penginapan. Semua peserta diperiksa telurnya apakah udah berkali-kali pecah atau cuma beberapa kali lalu juga diperiksa bolanya udah terkumpul berapa. Setelah diperiksa mereka kembali ke tempat istirahat untuk bersih diri dan untuk istirahat. Setelah bersih diri dan beristirahat mereka langsung menuju ke aula dengan membawa peralatan sholat untuk melaksanakan shloat jum’at berjama’ah. Setelah sholat jum’at mereka diberi nasi bungkus untuk makan siang, lalu setelah makan diberi tahu pemenang lomba pentas seni dimenangkan oleh kelompok andrian luthfi, rahmad surya, disuruh untuk memilih orang yang cocok untuk calon ketua osis, wakil ketua osis, sekretaris osis, dan bendahara osis. Setelah itu mereka kembali ke tempat istirahat untuk membersihkan basecamp mereka dari sampah-sampah yang ada di basecamp dan tidak boleh ada yang sampai tertinggal barang bawaannya. Lalu saat sudah bersih mereka menuju ke depan aula untuk berdo’a sebelum pulang, disaat selesai do’a ternyata ada barang bawaanya yang tertinggal.

Setelah mengambil barang yang tertinggal mereka langsung menuju truk tentara untuk kembali pulang ke MTsN 2 Surabaya, Disaat perjalanan diawal perjalanan kami banyak tertawa sampai tidak kuat tertawa tetapi disaat pertengahan jalan semuanya diam karena lelah dan ada yang sampai tidur. Setelah sesampainya di MTsN 2 Surabaya kami disambut oleh beberapa siswa yang ada di MTsN 2 Surabaya.

Nah itu lah kisah tentang LDKS tahun 2018- 2019. Gimana? Apakah ada maknanya bagi kalian atau tidak? Kalau bagiku yang membuat sih bermakna, terima kasih telah membaca artikel tentang LDKS 2018-2019 semoga bermanfaat :).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *